Arutmin Dukung Pelatihan Keterampilan Ibu-Ibu PKK Di Kec. Kelumpang Utara

Daerah433 views

KOTABARU,kabarone.com- Proses penularan penyakit menular saat ini semakin meningkat terutama penyakit menular melalui pernafasan, jenis penyakit menular yang dapat ditularkan melalui udara dan pernafasan sangat banyak, salah satunya yang sedang melanda dunia saat ini adalah virus corona atau COVID-19.

melihat proses penyebaran penyakit yang begitu cepat sehingga sangat diperlukan tindakan promotif dan preventif berupa pemberian edukasi terkait pencegahan penularan penyakit sehingga membuat TP PKK Kecamatan Kelumpang Utara Kabupaten Kotabaru memberikan pelatihan kepada ibu-ibu PKK di wilayah Kecamatan Kelumpang Utara.

Dengan menggandeng PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin melalui program PPM, TP PKK Kecamatan Kelumpang Utara melaksanakan pelatihan keterampilan pembuatan aksesoris untuk masker di aula Kantor Kecamatan Kelumpang Utara, Kamis 27/5/2021.

Camat Kelumpang Utara H. Achmad Sjuhada, API, MM. mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan bagi ibu-ibu PKK mengenai cara pembuatan aksesoris untuk masker yang sesuai untuk mencegah penularan penyakit dan meningkatkan pengetahuan ibu-ibu dalam upaya melakukan pencegahan penyakit menular melalui pernafasan.

Pentingnya menumbuhkan minat ibu- ibu dalam upaya pencegahan penyakit dengan membuat masker sendiri yang sesuai standar yang dapat digunakan oleh semua anggota keluarga, selalu melibatkan ibu-ibu dalam kegiatan pemberian edukasi dan pelatihan untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pencegahan penyakit melalui pernafasan terutama di saat Covid-19 saat ini.

Kita harus percaya diri menggunakan masker jangan sampai masker sering tertinggal, dengan adanya sekarang aksesoris atau gantungan masker setelah kita memakai mungkin tidak akan terlepas lagi akan tetapi terus menggantung di leher dan kita upayakan mengunakan masker seperti kita menggunakan handphone, ucapa Sjuhada.

Sementara ComDev Officer PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin Ferry Ariadi Wardhany mengatakan, kegiatan hari merupakan suatu bentuk dukungan dari kami melalui program PPM PT Arutmin untuk kegiatan pengetahuan dan keterampilan pada kelompok Ibu-Ibu PKK di Kecamatan Kelumpang Utara.

Dengan adanya pelatihan pembuatan aksesoris masker ini bisa menambah perekomian anggota ibu-ibu dengan hasil yang mereka buat dan bisa di jual secara langsung kepada masyarakat maupun secara online melalui media sosial seperti IG, FB dan lainya, ujar Ferry.

Kata Ferry, pengetahuan dan keterampilan yang diberikan adalah berupa pelatihan membuat aksesoris atau gantungan masker yang memenuhi persyaratan kesehatan dalam mencegah penulran Covid-19, dan pemberian keterampilan ini didasari oleh adanya virus Corona yang sedang mewabah di Indonesia.

Kurangnya pengetahuan masyarakat untuk menggunakan masker dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang cara pembuatan aksesoris masker yang memenuhi standar kesehatan.

Hasil kegiatan ini adalah, Ibu-Ibu PKK di Kecamatan Kelumpang Utara memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat aksesoris maupun masker non medis yang sesuai dengan standar kesehatan untuk mencegah penularan covid-19, serta bentuk partisipasi masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19 harus diapresiasi karena ini merupakan hal yang sangat luar biasa, Covid-19 bukan semata-mata masalah Pemerintah namun masalah bersama, sambung Ferry.(HRB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *