Disparpora Melalui Pemkab Kotabaru Gelar Diskusi Bersama Universitas DR. Soetomo

Daerah210 views

KOTABARU,kabarOne.com- Melalui Dinas Pariwisata, pemuda dan olahraga Pemkab Kotabaru mengadakan diskusi perkembangan sektor pariwisata di Kotabaru bersama Rektor dari Universitas DR Soetomo di Aula Hutan Meranti Putih Desa Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, Selasa 10/01/2023.

Dalam diskusi Dinas Pariwisata,pemuda dan olahraga selaku leading sektor yang memiliki tugas untuk melaksanakan visi misi tersebut melalui Indikator Kinerja Utama (IKU) meningkatnya kunjungan wistawan yang datang ke Kotabaru.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru Risa Ahyani mengungkapkan, Rektor bersama pemilik yayasan datang ke Kotabaru untuk melakukan uji pengembangan Wisata dan melihat bagaimana pengelolaan pariwisata salah satunya di Desa Rampa Berkah ini serta Desa Rampa ini memiliki ciri tersendiri serta keunikannya yang perlu dikembangkan.

Untuk pencapaiannya diperlukan penataan kawasan potensi wisata dalam upaya pembentukan skala prioritas perkembangan dan hasil inventarisasi potensi terdapat 145 destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru dan kemudian di prioritaskan pada 6 KPP (kawasan pengembangan pariwisata) dengan menetapkan 10 destinasi wisata unggulan menjadi objek sampel perhitungan jumlah kunjungan wisatawan, ujar Plt. Kadisparpora Risa Ahyani.

Dr. Siti Marwiyah,SH, MH Rektor Universitas DR Soetomo mengatakan, terkait dengan perkembangan pariwisata yang ada di Kotabaru, kurang lebih 3 hari di Kotabaru kami bersama rombongan di ajak ke gowa lowo, makam raja-raja.

Artinya di Kabupaten Kotabaru ini luar biasa potensi pariwisatanya, dan saya melihat bahwa Bupati Kotabaru sangat menfokuskan dalam perkembangan ekonominya itu di bidang pariwisata dan bukan hanya pada sumber daya alam seperti tambang dan lainnya yang suatu saat nanti akan habis.

Tetapi pariwisata kedepannya akan terus berkembang dan itu akan menjadi sesuatu yang sangat luar biasa dan Kotabaru ini tidak kalah dengan Bali karena melihat potensi alamnya, tinggal bagaimana menggarapnya nanti, jelas Rektor.

Sementara Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad mengatakan, kerena sesuai dengan visi- misi Bupati selama dua periode menjabat, ternyata program berkelanjutan ini luar biasa, termasuk sektor pariwisata ini harus berkelanjutan karena yang bisa kita andalkan khusunya di Provinsi Kalimatan Selatan yang mempunyai daya tarik termasuk pantai yang panjang, pulau yang banyak dan itu hanya ada di Kabupaten Kotabaru, maka dari itu objek wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru memang banyak belum di sentuh.

Dengan adanya diskusi bersama Universitas DR. Soetomo ini bagaimana nantinya mempromosikan potensi wisata ini dengan mudah, ucap Sekda.

Dalam kegiatan ini Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Pertanahan Kotabaru memaparkan tentang Desaku di Desa Rampa Berkah dengan harapan menjadi Desa mandiri dan mengucapkan selamat datang kepada tim Universitas Dr soetomo.

Rektor Universitas DR Soetomo Dr. Siti Marwiyah, SH, MH menyampaikan, Desa Rampa Berkah ini manarik untuk diteliti potensi dengan konsep masyarakatnya, dengan pengembangan wisatanya adalah konsep masyarakat yang memang asli masyarakat dengan dimodifikasi dengan adanya sisi yang berbeda dengan banyak melibatkan masyarakat.

Seperti ketika anak-anak di dunia luar cenderung bermain Hp, tetapi disini berbeda dimana kita lihat mereka lebih bermain ke alam seperti yang kita harapkan anak-anak melek akan teknologi tetapi dengan kehidupan alam yang tetap harus jalan, ungkapnya.

Selain itu, Rektor Universitas DR. Soetomo Surabaya juga mengungkapkan, Kabupaten Kotabaru banyak memiliki potensi wisata yang nantinya bisa menjadi tempat wisata unggulan di IKN.

Menurut saya, ini merupakan langkah luar biasa yang di lakukan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, karena Kotabaru ini punya sumber daya alam yang sangat luar biasa yang berpotensi di bidang pariwisata yang tidak dimiliki wilayah lain, apalagi nanti Kotabaru menjadi penyangga IKN dan banyak investor masuk sehingga makin dikembangkan lagi dan tidak kalah dengan keindahan bali karena potensi alamnya yang luar biasa dan memiliki ciri khas dan keunikan dengan kondisi sosial masyarakatnya yang masih terjaga.

Diakhir kegiatan Tim Universitas Dr. Soetomo memberikan cenderamata kepada Plt. kadis Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Pertanahan Kotabaru dan Camat Pulau Laut Utara dan dilanjutkan dengan menikmanti suasana Desa Rampa Berkah sambil bermain dengan anak-anak sekitar dan belajar tarian khas suku bajau Kotabaru.(HRB)

By; Diskominfo/ Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *