Dampak Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Hilangkan Jiwa Warga Sekitar

Hankam198 views

Jakarta Kabarone.com,-Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, yang berlokasi dekat pemukiman padat penduduk di Jalan Tanah Merah Bawah RT. 012 RW. 09 Kelurahan Rawa Badak Selatan (RBS) Kecamatan Koja Jakarta Utara, telah menghilangkan nyawa warga sekitar dan mengakibatkan sejumlah warga luka bakar.

Berdasarkan informasi warga sekitar, yang juga dibenarkan Dinas Pemadam Kebakaran, bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 20.15 WIB. Terjadi kebaran disertai ledakan di Depo Pertamina sehingga warga sekirar panik dan  berhamburan menyelamatkan diri akibat kobaran api tersebut.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran telah ke lokasi sekitar kebakaran bersama Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setiawan. Pejabat teras Kepolisian tersebut melihat kondisi dan peristiwa dan mengarahkan korban agar secepatnya ditangani dan di evakuasi untuk penyelamatan.

Kobaran api telah ditanggulangi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dengan mengerahkan puluhan unit mobil Blambir. Situasi dan kondisi lokasi kebakaran belum sepenuhnya dapat dinyatakan aman, sebab masih dalam pendinginan.

Untuk sementara, korban 15 orang dewasa meninggal dunia, luka bakar 28 orang, 5 orang dibawa ke RS. Pelabuhan, 8 orang dibawa ke RSUD Tugu Koja, 15 orang dibawa ke RS. Mulyasari total sementara ada 28 orang luka bakar. Data tersebut belum valid dan tidak tertutup kemungkinan masih berubah ubah sebab yang menangani korban ada disejumlah Rumah Sakit.
Sebagaimana informasi sejumlah rumah sakit yang menangani korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang di antaranya RS.Koja, RS.Mulyasari, RS. Pelabuhan dan RS. Firdaus dan Rumah Sakit lainnya.

Demikian juga Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi H, dan Pangdam Jaya, telah meninjau lokasi kebakaran dan Rumah Sakit yang manangani korban. Heru Budi menyampaikan supaya para RS yang menangani korban agar benar benar memberikan pelayanan yang baik untuk menyelamatkan para korban, ucapnya, 3/3/2023.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran yang telah menewaskan warga dan mengakibatkan korban jiwa tersebut. Pihak PT.Pertamina juga belum memberikan keterangan terkait terjadinya kebakaran dan bagaimana ganti rugi terhadap warga korban kebakaran tersebut.

Penulis : P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *