UNNES Bakal Buka 11.300 Kuota Calon Mahasiswa Baru 2024

Ragam345 views

KABARONE.COM,,SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (UNNES) secara resmi menyatakan akan membuka penerimaan mahasiswa baru dengan kuota sebanyak 11.300 calon mahasiswa baru (camaba) sarjana di tahun 2024.

Maklumat ini berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor B692/UN37/HK/02/2023

Kuota tersebut akan dipenuhi melalui tiga jalur seleksi yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) minimal 20 persen, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) minimal 30 persen, dan Seleksi Mandiri (SM) UNNES maksimal 50 persen dari 9 fakultas atau 74 program studi D3/S1 yang ada.

Prodi Ilmu Hukum memiliki kuota paling besar yaitu 925, disusul Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 575, Manajemen dan Akuntasi masing-masing 450, dan Ekonomi Pembangunan sebanyak 300.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNNES Prof Dr Zaenuri MSi Akt menjelaskan UNNES mengundang talenta unggul dari seluruh penjuru Tanah Air untuk mendaftar ke UNNES.

Sebagai salah satu perguruan tinggi unggul, UNNES menawarkan kualitas pendidikan berkualitas. Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya akreditasi institusi unggul, mayoritas program studi telah terakreditasi unggul dan A, dan akreditasi internasional untuk sejumlah program studi lain.

” Kami menghimbau kepada adik-adik yang akan mendaftar ke UNNES untuk selalu mengikuti informasi resmi. Selain laman SNPMB, informasi penerimaan UNNES selalu disampaikan melalui website resmi dan media sosial resmi UNNES,” katanya, seperti dikutip dari laman Unnes, (8/1).

Sebagai informasi, tahap seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru telah dimulai pada 28 Desember 2023 dengan diumumkannya kuota sekolah.
Selanjutnya, pada 9 Januari hingga 9 Februari 2024 adalah masa pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pendaftaran SNBP oleh siswa akan dibuka pada 14 hingga 28 Februari 2024.

Sementara itu, pendaftaran SNBT 2024 dijadwalkan dibuka pada 21 Maret hingga 5 April 2024. Tes akan dilaksanakan dalam dua gelombang yang dijadwalkan pada bulan April hingga Mei 2024.

SM UNNES Dibuka Mei

Adapun Seleksi Mandiri (SM) UNNES diperkirakan akan mulai dibuka pada bulan Mei 2024 melalui berbagai jalur. Berdasarkan pengalaman tahun 2023 lalu, Seleksi Mandiri UNNES dilakukan melalui seleksi mandiri prestasi, SM nilai UTBK, SM rapor, SM reguler berbasis tes, SM kelas internasional, dan SM PGSD Unggulan.***

(amr/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *