Kabasarnas Pastikan SAR Jateng Siap Pengamanan Operasi SAR Mudik 2019

Daerah, Regional312 views

Kabarone.com, SEMARANG-Kakansar Semarang beserta jajarannya dengan potensi yang ada siap dalam pengamanan operasi SAR di Jawa Tengah pada mudik Lebaran 2019.

Pernyataan tersebut disampaikan Kabasarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito saat kegiatan pengarahan kepada personel kantor SAR Semarang dalam rangka posko siaga SAR khusus Lebaran 2019, di kantor SAR Semarang, Kamis (23/5/2019).

Menurut Bagus, kantor SAR Semarang sudah menyiapkan baik personil maupun alutnya, dengan potensi yang ada. “Mereka telah menyiapkan personilnya dan alutnya, dengan potensi baik TNI-Polri, Pemerintah Provinsi dan daerah, juga kabupaten/kota.” jelasnya di depan awak media.

Untuk penempatan personel sendiri ada di beberapa titik seperti di Exit Brebes, Pekalongan, Kalikangkung, dan juga akan disiapkan helikopter untuk memonitor di sepanjang jalan tol.

Selanjutnya di jalur laut telah disiapkan kapal KN SAR Sadewa, kapal cepat 40 meter, dan kapal cepat RIB ‘Rigit Infloatable Boat’.

“Kita sudah siap pada H-8 Lebaran hingga H+8 Lebaran dengan 130 personil dari kantor SAR Semarang untuk Jawa Tengah. Namun untuk seluruh Indonesia ada 3500 personel SAR yang disiagakan,” ujarnya.

Pada Lebaran tahun ini, Kantor SAR Semarang sendiri akan menerjunkan seluruh personelnya yang berjumlah 130 orang.(Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *