PT Arutmin Indonesia Serah Terima Hibah, Sekda Kotabaru; Bentuk Nyata Sinergi Antara Pemerintah

Daerah343 views

KOTABARU,kabarOne.com- Peresmian Serah terima hibah dari PT Arutmin Indonesia kepada masyarakat dan instansi Pemerintah di laksanakan oleh PT Arutmin Indonesia bertempat di lapangan Dugan Camp Desa Sembilang Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru, Rabu 7/9)2022.

Kegiatan serah terima lahan dari PT Arutmin dihadiri oleh Sekda Kotabaru, Kabag OPS Polres Kotabaru, Manager Arutmin Indonesia, Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Forkopimca, Kepala Desa dan tamu undangan lainnya.

Sebelumnya para undangan di hibur oleh tarian mudaya Zapin Melayu, Tari Nusantara dan Tari Dayak persembahan dari SMPN 2 Kelumpang Tengah binaan PT Arutmin Indonesia sendiri.

Dengan di pandu langsung oleh MC Zara Nuramelia Janah yang juga merupakan Mahasiswa lulusan terbaik Fak. Perikanan IPB melalui Beasiswa BUD PT Arutmin Indonesia, dimana pada program ini seluruh biaya kuliah, termasuk untuk kebutuhan sehari-hari selama kuliah ditanggung oleh PT Arutmin Indonesia.

Manager PT Arutmin Senakin Mine & NPLCT Ahmad Juaeni mengatakan, dalam wilayah operasional Tambang PT Arutmin Senakin banyak bersentuhan dengan pemukiman masyarakat, ada pemukiman yang sangat dekat dengan Tambang dan ada pula yang berada dalam wilayah operasional dimana Desa- Desa tersebut dalam kegiatan pengembangan pertambangan.

Dengan mempertimbangkan kesejahteraan dan kelangsungan serta peningkatan kualitas masyarakat, maka PT Arutmin Indonesia berkometmen untuk menghibahkan yang di anggap perlu untuk pengembangan suatu wilayah, yaitu berupa relokasi areal wilayah Desa Sebuli dan relokasi Desa Sei Seluang, di mana relokasi itu telah di lakukan dengan perencanaan yang matang.

Dengan mempertimbangkan kesejahteraan dan keberlangsungan masyarakat PT Arutmin menghibahkan lahan untuk dipakai sebagaimana mestinya.

Dengan tahapan relokasi Desa Sei Seluang di mulai dari tahun 2006 dan relokasi Desa Sebuli pada tahun 2007, ujar Juaeni.

Adapun lahan yang diserahterimakan oleh PT Arutmin Indonesia total keseluruhannya 70,965 Ha, yakni lahan Puskesmas TamiangGeronggang, SMPN 2 Kelumpang Tengah, Komplek perkantoran Desa Geronggang, Kantor Kepala Desa Tamiang Bakung, TK Harapan Bangsa Desa Tamiang Bakung.

Kemudian Lahan TK Al-Fajar Sungai Karuh Desa Tamiang Bakung, Kebun Entres dan Pembibitan Dinas Pertanian, Kantor Balai Penyuluh Dinas Pertanian, Kantor Polsek Kelumpang Tengah, Kantor Resort Cagar Alam Teluk Kelumpang, Lahan Relokasi Kampung Manggis Desa Sungai Seluang dan Lahan relokasi kampung Baru Desa Sebuli.

Sementara Sekda Kotabaru Drs Said Akhmad, saya atas nama pribadi dan Pemerintah serta mewakili masyarakat Kabupaten Kotabaru mengucapkan terima kepada PT Arutmin Indonesia yang telah mengibahkan lahannya kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Penyerahan lahan hibah ini merupakan bentuk kepedulian PT Arutmin dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Kotabaru, ungkapnya.

Lahan hibah ini akan sangat bermanfaat dalam rangka mendorong kemajuan masyarakat Desa dan meningkatkan kinerja pelayanan di instansi terkait.

Sekda menambahkan, kegiatan ini menjadi bentuk nyata sinergi antara Pemerintah Kabupaten Kotabaru dengan PT Arutmin Indonesia sehingga hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat., Tutup Sekda.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *