by

Presiden RI Akan Berikan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Pada Provinsi Jambi.

Kabarone.com, Jambi – Dalam upaya meningkatkan motivasi dan partisipasi petani, kelompok tani, masyarakat umum dan aparatur Pemerintah, yang berprestasi berkontribusi dalam mewujudkan kedaulatan pangan, Presiden RI, Joko Widodo akan memberikan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara(APN) tingkat Nasional, kepada Provinsi Jambi.

Hal tersebut dikatakan oleh Asisten II Bidang Kesejahteraan sosial, Havis Khusaini saat membuka Rakor Dewan Ketahanan Pangan(DKP) di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi Rabu(16/12), yang turut didampingi Kepala Badan Ketahanan pangan Provinsi Jambi, Hartono.

Menurutnya, Penghargaan yang diberikan oleh Presiden RI tersebut merupakan bentuk keberhasilan suatu daerah dalam meningkatkan motivasi pada petani mewujudkan kedaulatan pangan.

“Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara(APN) melalui proses penilaian dan verifikasi oleh panitia penyelenggara APN pada tingkat Provinsi seluruh Indonesia,” terangnya.

Sebelum tingkat Provinsi Jambi, lanjutnya, panitia daerah juga telah mengadakan perlombaan kepada semua petani kelompok masyarakat dalam ketahanan pangan.

“Penghargaan itu berupa dari pelopor ketahanan pangan, pemangku ketahanan pangan, pelaku pembangunan ketahanan pangan, pelayanan, serta pembina ketahanan pangan,” ujarnya.

Presiden RI, Joko Widodo akan memberikan penghargaan kepada Provinsi Jambi dalam bidang Pelaku pembangunan ketahanan pangan dalam kategori Pelaku Produksi, berasal dari kelompok tani Rezki, Kelurahan Lingkar Selatan Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi sebagai Pemenang I(pertama) dan kategori Pelaku pengolahan, KWT Rahma Putri, Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci.

Hartono, Selaku Kaban Ketahanan Pangan Provinsi Jambi menegaskan bahwa keberhasilan itu merupakan berkat upaya dan peranan dari kelompok tani dalam ikut menyumbang ketahanan pangan bagi Provinsi Jambi.

“Dan bagi para pemenang tersebut penghargaan akan langsung diberikan oleh Presiden RI di Istana,” pungkasnya. (inr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *