H.M.YUNUS, SH,MH : Konsep RW-Mart Sebagai Wadah Silahturahmi dan Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

Kabarone, Jakarta – Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan dasar NKRI melalui program pembangunan berkesinambungan, diharapkan dapat berdayaguna dan berdayahasil dalam memberikan kesejahteraan yang berkeadilan bagi seluruh rakyatnya.

Untuk itu diperlukan semangat dan kreatifitas tinggi dari masyarakat dalam berkarya secara bersama. Termasuk peran aktif dan konsistensi Pemerintah baik pusat maupun daerah dalam mengakomodir seluruh pontensi masyarakat dalam pembangunan.

Saat ditemui dikediamannya baru-baru ini, H.M.Yunus, SH, MH, selaku ketua RW.09, Kelurahan Kebon Bawang, Kecamatan Tanjung Priok, Kota Administrasi Jakarta Utara, yang juga dikenal sebagai Ketua Paguyuban Masyarakat Kebon Bawang (PAWANG), terkait dengan eksistensi dan  sinerjitas masyarakatnya, Ia mengatakan “Alhamdulillah, kondisi masyarakat Kebon Bawang secara umum cukup kondusif, solid dan selalu mengedepankan unsur musyawarah mufakat dalam setiap kegiatan, terutama dalam mencari solusi Problem Solving,” ungkapnya.

Menurutnya, kepedulian terhadap sesama dan lingkungan mutlak dilakukan. Hal ini menunjukan kesadaran kita sebagai makhluk Allah Swt yang sifatnya ‘Sementara hidup di dunia dan harus berbagi kepada orang lain ’. Semua dikerjakan secara ikhlas hanya mengharapkan Ridho dari Allah Swt.

“Saya dipercaya masyarakat Kebon Bawang sebagai Ketua RW.09 dan Paguyuban Masyarakat Kebon Bawang, merupakan amanah dan semata sebagai bentuk ibadah terhadap sesama, termasuk mengajak seluruh warga dalam mendukung seluruh program kerja Pemda DKI Jakarta agar berjalan baik dan lancar.

Melalui upaya meningkatkan tali silahturahmi, kegotongroyongan antar warga, kepedulian sosial,   dan pembinaan pola pikir (mind-set) meliputi : pola hidup bertetangga, menjaga kebersihan, kesehatan, keamanan, menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara, semua itu saya bersama seluruh pengurus RW, RT, LMK, Tomas, Toga, Pemuda, PKK, se-Kebon Bawang lakukan demi persatuan dan kesatuan NKRI,”  katanya.

H.M.Yunus, SH, MH, sosok pria yang dikenal ramah, cerdas dan agamis, turut mengapresiasi kinerja Lurah dan Tim PPSU Kelurahan Kebon Bawang yang bekerja sungguh-sungguh dalam kebersihan lingkungan, bersama dengan masyarakat. Termasuk program aplikasi qlue sesuai dengan SK Gub.903 tahun 2016, memposting kegiatan wilayah melalui HP Android, sangat bagus dan efektif, karena langsung di tindaklanjuti (TL).

Terkait dengan pemberdayaan potensi masyarakat, H.M.Yunus, SH, MH, yang juga seorang usahawan dan lulusan sekolah terkemuka di Jerman, mengemukakan usulannya agar di setiap RW di  Jakarta, mengupayakan berdirinya RW-Mart, yaitu suatu wadah penghimpunan pontensi ekonomi kerakyaant, baik berupa produk, modal, skill, barang, manajerial dan koneksitas yang dihimpun dan dikelola secara swakarsa, bersama-sama warga masyarakat, sehingga diharapkan lebih efektif, murah, dan  bermanfaat. “Lebih dari sekedar Koperasi. Dari kita oleh kita dan untuk kita,”  tuturnya.

Bahkan menurutnya, RW-MART ini selain sebagai wadah silahturahmi, juga dapat melakukan ekspansi alias melakukan kerjasama dalam pengadaan barang yang lebih murah, baik, aman dan terpantau, seperti dengan Indomart, Alfa Mart, francise, bahkan dengan pihak luar negeri,  pungkasnya.              (DENY)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *