Drs.Sukirno : Pembenahan Wilayah Prioritas Kelurahan Ancol Menuju Kota Sehat

Kabarone.com, Jakarta – Sebagai tindaklanjut program tahunan kota sehat yang digagas Pemprov DKI Jakarta, untuk tahun 2017 ini, kelurahan Ancol, kecamatan Pademangan, kota administrasi Jakarta Utara, dikomandani tokoh masyarakat yang juga ketua Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) Kelurahan Ancol Drs.Sukirno, bersama seluruh unsur masyarakat dan steak holder giat melaksannakan musyawarah dan persiapan, sehingga diharapkan Kelurahan Ancol dapat menjadi wilayah percontohan mewakili Jakarta Utara, sebagai kota sehat pada lomba kota sehat pada maret mendatang.

Hal ini disampaikan Drs.Sukirno, yang juga aktifis lingkungan di wilayah kelurahan Ancol. Menurutnya, pembenahannya cukup kompleks, serta dibutuhkan keseriusan dan kesabaran dalam melaksanakannya, dimana ada sekitar 20 ribuan warga bermukim dan menyebar di 7 RW.

“Wilayah kelurahan Ancol terdiri atas beberapa kawasan, diantaranya kawasan pemukiman, industri, wisata, perbelanjaan dan pelabuhan. Tentu tidak mudah dalam melaksanakan program 5 Tertib, diantaranya tertib PKL, sampah dan pemukiman. Untuk PKL sendiri, kami telah membuatkan program “kiosnisasi berderet” dan “tendanisasi berderet” yang diterapkan di 7 titik lokasi pedagang di Ancol Barat,” katanya.

Disamping itu menurutnya, berdasarkan Pergub nomor 10 tahun 2015 tentang penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) harus ditertibkan dulu baru ditata, bukan sebaliknya. Penataan inipun dilakukan secara swadaya mandiri dan gotongroyong oleh masyarakat sekitar. Namun, diperlukan sosialisasi antara para pedagang dengan masyarakat untuk mencapai mufakat.

“Untuk sisi kebersihan dan keindahan lingkungan, ada program potnisasi dan sistem pengelolan sampah, telah disediakan bak-bak sampah disetiap RT, untuk kemudian diangkut oleh petugas gerobak sampah ke Lahan Pembuangan Sampah (LPS). Alhamdulillah, juga mendapat kerjasama bantuan dari PMI Jakarta Utara dan PMI Amerika berupa pendampingan selama 1 tahun untuk program lingkungan dan RTH, taman-taman di lokasi pemukiman,” ungkapnya.

Sebagai tokoh masyarakat yang dikenal ramah, cerdas dan agamis, sosok Drs.Sukirno turut aktif diberbagai kegiatan kemasyarakatan. Pernah menjabat sebagai ketua RT, RW, LKMD dan ketua LMK hingga saat ini.

“Selaku mitra kelurahan dan didasari motivasi panggilan hati nurani, kami menampung berbagai aspirasi dari masyarakat dan mendiskusikannya guna mendapatkan solusi terbaik bagi masyarakat,” terangnya.

Drs.Sukirno menghimbau dan mengajak seluruh warga masyarakat Ancol, agar tetap menjaga kepedulian terhadap lingkungan dan terus berperan aktif mendukung seluruh program Pemda DKI Jakarta. (DENY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *